3 Jun 2010

tips melindungi flashdisk

USB Flashdisk sandi untuk melindungi data

Posted by intrik on June 1, 2007

Roma, Sugianto. USB Flashdisk sangat ideal untuk membawa data dengan jumlah bit yang besar. Namun karena ukurannya kecil, flashdisk sangat mudah untuk hilang, yang mana data didalamnya bisa saja jatuh kepada orang lain yang menemukannya.

Untuk mengatasi agar data yang jatuh ke tangan orang lain itu tetap terjaga kerahasiannya, saat ini terdapat flashdisk yang dapat memproteksi data didalamnya dengan aplikasi sandi. Diantaranya adalah : CryptoStickTM dari Research Triangle Software Inc, MicroDrive AES dan BioDrive dari Kanguru

cryptopile_narrow.jpg

CryptoStickTM menggunakan algoritma Blowfish untuk menyandi data/file didalam flashdisk. Flashdisk ini dilengkapi pula dengan program yang dapat menyembunyikan web brousing history dan melindunginya dari pengecekan situs apa yang telah dikunjungi. Suatu hal yang sangat berguna bila sedang menggunakan PC yang bukan milik sendiri.

Selain itu, CryptoBuddyTM menyediakan software berupa program aplikasi untuk membuka pesan tersandi yang disandi dengan CryptoStick. Hal ini memungkinkan seseorang mengirimkan file tersandi kepada temannya yang tidak mempunyai CryptoStick.

Keistimewaan flashdisk CryptoStick diantaranya adalah :

* High speed USB 2.0 flash memory kompatibel dengan USB 1.1
* Plug and play hardware dan software dan dapat bekerja baik dalam OS Windows
* Tidak memerlukan install software tambahan.
* Dapat menyimpan dan menyandi segala bentuk file / data.
* Mengkompres dan menyandi secara simultan.
* Kemampuan kompresinya sampai 3 kali.
* Private Internet browsing
* Tidak meninggalkan jejak dalam komputer yang digunakan.
* Fully licensed version of eTrust® Pest Patrol® Anti-Spyware
* Designnya yang bagus.
* Casing dari aluminum yang kuat. dan
* 1 tahun garansi

aes_v1.jpgaes_v4.jpg

Kanguru MicroDrive AES (Advanced Encryption Standard) adalah USB flashdisk untuk membatasi akses dan melindungi data / informasi rahasia dengan mengacak data/file serta mengamankan PC. Dapat digunakan pula untuk mengunci PC hanya dengan cara mengeluarkan usb flashdisk-nya.

Kanguru MicroDrive AES dibundel dengan program aplikasi sandi Kanguru Lock yang dapat bekerja dalam semua OS. Program aplikasi ini secara virtual membuat disk protected dengan 256 Bit AES encryption dalam KanguruMicro Drive-nya, dan kemudian melindunginya dengan password.

bio_v1.jpgbio_v2.jpgbio_v7.jpg

Sedangkan Kanguru BioDrive adalah flashdisk yang dilengkapi dengan pembaca sidik jari untuk melindungi data dan membatasi aksesnya. Saat biometric protection digunakan, BioDrive akan menyandi data dan kemudian menyembunyikan data partisinya. Untuk dapat menggunakan data-data tersebut cukup log in dengan sidik jari.

Keistimewaan Kanguru BioDrive diantaranya :

* Mampu menyimpan sampai 5 sidik jari.
* Write Protection Switch
* Dapat digunakan dalam berbagai user level, sehingga tidak harus Admin.
* Tidak memerlukan software tambahan.
* High Speed USB2.0 Interface
* Top grade fingerprint sensor-508 DPI
* Kompatibel dengan Windows 98/ME/2000/XP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar